Enam Cabang Musabaqoh Sudah Dipertandingkan di MTQ ke-38 Jabar

CIKARANG, MEDIASI.COM – Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jawa Barat KH Jajang Apipudin menyampaikan, hari ke-5 pertandingan MTQ Ke-38 Jabar telah menyelesaikan babak final di tiga cabang yaitu Cabang Musabaqoh Syarhil Quran (MSQ), Musabaqoh Fahmil Quran (MFQ), dan Tafsir Quran.

“Jadi hingga sore ini jika digabungkan dengan hari kemarin total ada enam cabang musabaqoh yang telah merampungkan babak final yaitu khat, karya tulis ilmiah, fahmil, syahril dan tafsir, dan tersisa tiga lagi yaitu cabang tilawah, tahfidz dan Qiro’at,” ujarnya kepada sejumlah awak media saat mengadakan presscon di Media Center MTQ Ke-38, Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Plaza Pemkab Bekasi, Jumat (3/5/2024).

Untuk lomba Fahmil Quran, baik putra maupun putri ada 5 (lima) Kabupaten dan kota yang masuk babak final antara lain, tuan rumah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung serta Kota Bogor.

“Sedangkan untuk Cabang Musabaqoh Syarhil Quran, juga ada lima kabupaten dan kota yang bertanding di babak final yaitu Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kota Tasikmalaya dan Kota Bandung,“ jelasnya.
Kemudian untuk Cabang Tafsir juga sudah melombakan semua golongan antara lain, Golongan Bahasa Arab, Bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia untuk putra dan putri.

“Nanti malam juga setelah Isya akan dipertadingkan babak final untuk Cabang Tilawah Golongan Dewasa dan Qiroat Mujawwad Golongan dewasa,” paparnya.

Menurut Jajang, MTQ Tingkat Provinsi merupakan ikhtiar LPTQ Jawa Barat menjaring talenta yang nantinya dapat mewakili Provinsi Jawa Barat dipanggung bergengsi MTQ tingkat nasional. Rencananya MTQ Nasional akan diselenggarakan sekitar 4 bulan mendatang di Ibu Kota Nasional (IKN) Kalimantan Timur.

“Yang nantinya peserta semua mewakili Jawa Barat, di MTQ Nasional yang akan berlangsung tanggal 2 sampai 12 September 2024. Setelah nanti keluar pengumuman Juara I di MTQ ini. Kami akan persiapkan untuk MTQ nasional,” tuturnya. (Adv)

Penulis: Pirlen Sirait/Diskominfo Kab.Bekasi