Kepala DLH Kota Bekasi Imbau Warga Jaga Kebersihan Selama Perjalanan Mudik

BEKASI, MEDIASI.COM – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Yudianto mengimbau kepada para pemudik agar menjaga kebersihan selama perjalanan ke kampung halaman.

Salah satunya, dengan tidak membuang sampah sembarangan selama perjalanan dan membawa kantong belanja serta menggunakan tumbler untuk botol minum.

Menurutnya, hal ini tertuang dalam peraturan Surat Edaran dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SE.3/MENLH/PSLB3/PLB.0/4/2022 Tahun 2024 tentang Pengendalian Sampah Dalam Rangka Mudik Lebaran.

Dan surat edaran Walikota Bekasi NOMOR : 600.4/2295/DinasLH. PSPLB3 TENTANG PENGENDALIAN SAMPAH HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H.

“Tentu selama perjalanan pemudik tetap mengonsumsi makanan dan minuman. Namun, sampah-sampah dari sisa makanan dan minuman tersebut harus tetap diperhatikan. Hal-hal yang harus dilakukan adalah membawa tumbler atau botol minum. Termasuk membawa tas guna ulang untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai,” ungkap Yudianto dikutip melalui Instagram @dinaslh_kotabekasi, Minggu (7/4/2024).

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh Stakeholder serta warga Kota Bekasi untuk terus menggelorakan Mudik Minim sampah melalui akun media sosialnya dengan hashtag #MudikMinimSampah dan #LebaranMinimSampah.

Yudianto juga berharap, masyarakat Kota Bekasi yang melakukan mudik dapat menjaga kebersihan lingkungan selama perjalanan. Sehingga, tidak terjadi berbagai efek negatif yang diakibatkan oleh penumpukan sampah.

“Ayo kita sama-sama tetap menjaga kebersihan lingkungan selama mudik Lebaran di mana pun berada. Terapkan tips-tips mudik minim sampah tersebut sebagai upaya kita peduli terhadap kebersihan lingkungan,” tutupnya. (Adv/Humas)