Calon Pendamping Heri Koswara di Pilkada Kota Bekasi 2024 Harus Dapat Rekomendasi Partai

Heri Koswara, Ketua DPD PKS Kota Bekasi saat menggelar acara buka puasa bersama insan pers Kota Bekasi, Jumat (5/4/2024)

BEKASI, MEDIASI.COM – Calon Wakil Wali Kota Bekasi pendamping Heri Koswara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, harus mendapat rekomendasi partai politik. Hal itu dikatakan Heri Koswara saat melakukan acara buka puasa bersama (Bukber) dengan sejumlah awak media, Jumat (5/4/2024).

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bekasi, Heri Koswara yang sudah mendapat rekomendasi menjadi calon walikota di Pilkada Kota Bekasi, calon pendampingnya harus ada dukungan partainya.

“Syarat kami bagi yang ingin bersanding menjadi wakil, pertama harus mendapat rekomendasi dari partainya. Kedua bisa berkorban bareng dalam kontestasi Pilkada 2024,” kata Heri Koswara di Posko Pemenangan Pilkada, Kali Malang, Bekasi Selatan.

Menurutnya, syarat ini diberlakukan PKS Kota Bekasi mengingat pengalaman Pilkada Kota Bekasi sebelumnya. Selain itu, PKS juga mempertimbangkan ketokohan Calon Wakil Wali Kota Bekasi.

“Karena target kita pada Pilkada 2024 ini menang mutlak, kami juga membuka peluang berkoalisi dengan partai manapun, sehingga nantinya bisa mengimbangi dinamika yang ada di legislatif,” ujar dia.

Dalam helatan pesta demokrasi, PKS mempunyai sejarah pahit dimana kalah dua kali dalam Pilkada, pertama pada Pilkada 2008 yang mendorong Ahmad Syaikhu – Kamal dan pada Pilkada 2018 silam Nur Supriyanto – Adhy Firdaus.

Pada helatan Pilkada 2024 yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada November mendatang, Heri Koswara, menyebut kalau partainya mempunyai kans besar memenangkan Pilkada.

Hal ini berkaca pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 2019, dimana PKS sukses merebut kursi pimpinan DPRD Kota Bekasi dengan torehan 12 kursi, dan jumlah suara partai sebanyak 267.330.

Teranyar, Pileg 2024 yang belum lama ini berlangsung, PKS mampu mempertahankan kursi pimpinan DPRD Kota Bekasi dengan torehan 11 kursi. Meski ada penurunan jumlah legislator, suara PKS justru melambung dari perhelatan Pileg sebelumnya yakni, mencapai 296.139.

Terlebih, ketokohan Heri Koswara di Kota Bekasi juga menjadi bagian yang bisa diperhitungkan bagi kandidat lain. Buktinya, dalam pencalonan legislatif tingkat Jawa Barat, eks anggota DPRD Kota Bekasi itu sukses meraup suara tinggi yakni 168.194.

“Jadi itu adalah modal saya, di Kota Bekasi saya mendapat 137.194 suara dan Depok sebanyak 31.000 suara,” kata Heri Koswara yang sudah 20 tahun menjadi wakil rakyat.

Dia menyebutkan, untuk yang datang mempunyai misi untuk memperbaiki apa yang menjadi kekurangan Kota Bekasi. Tentunya, dengan modal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi.

“APBD sebesar Rp6.3 triliun tidak sedikit, itu insyaallah bisa kita manfaatkan dengan sebaik – baiknya, tentunya juga dengan menjaga kearifan lokal budaya Kota Bekasi,” pungkas dia.

Heri Koswara juga memastikan pada satu sampai dua bulan kedepan, PKS sudah mempunyai kandidat Wakil Wali Kota Bekasi, sehingga pada pendaftaran yang dijadwalkan pada Agustus 2024 mendatang, PKS sudah siap.

”Saat ini kami masih dalam proses pendekatan dengan partai-partai lain.
Kita punya target untuk memenangkan Pilkada serentak, baik pemilihan Gubernur Jawa Barat, maupun pemilihan Wali Kota Bekasi yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang,” tutupnya. (sgs)