Wow! Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Luncurkan Ide Teknologi Sarana Infrastruktur Penunjang Kegiatan Pertanian Berbasis Mobile App

Oleh: Alifa Zuriyatul Haq

INFRASAVEPRO merupakan sebuah inovasi bisnis di dalam industri teknologi pertanian modern yang bertujuan untuk peningkatan infrastruktur dan inovasi yang dapat memudahkan masyarakat di bidang pertanian.

Inovasi ini berasal dari tiga mahasiswa Sistem Informasi (bisa diklik) di UPN “Veteran” Jawa Timur (bisa diklik), yaitu Alifa Zuriyatul Haq, Leilani Najma Rachmawati dan Davin Afghani.

Inspirasi cemerlang ini muncul selama mereka menempuh mata kuliah Pengetahuan Bisnis yang diampuh oleh Dosen Bapak Abdul Rezha Efrat Najaf, S.Kom.,M.Kom.(bisa di klik).

Mengembangkan praktik pertanian yang berkelanjutan merupakan kunci utama dalam mencapai keseimbangan dan kesejahteraan pangan masyarakat desa.

Infrasavepro adalah solusi inovatif dalam mencapai sistem pertanian yang praktis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pedesaan, di tengah perkembangan teknologi yang pesat.

Infrasavepro merupakan aplikasi inovatif yang menyediakan panduan praktis terkait pertanian modern dengan memanfaatkan teknologi canggih.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses informasi terkait panduan budidaya yang disesuaikan dengan kebutuhan pertanian individu, berbagai macam produk pertanian, serta pemantauan dan komunitas seputar pertanian.

Salah satu fitur unggulan Infrasavepro adalah sensor pertaniannya atau dikenal sebagai Smart Farming. Dengan adanya fitur ini user dapat mengukur kelembaban tanah, suhu, dan nutrisi pada tanaman, sehingga dapat mempermudah dalam menganalisis sesuatu yang terjadi pada tanaman yang dimilikinya.

Selain itu, dengan terobosannya menggunakan teknologi IoT dapat dengan mudah menghubungkan sensor dengan aplikasinya.
Tidak hanya sensor pertanian, Infrasavepro juga dilengkapi dengan fitur Desa Progress Tracker.

Pengguna dapat Memantau pembangunan proyek, hasil pertanian dan produksi lokal, pertumbuhan ekonomi lokal, pemantauan indikator kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan pemantauan dampak proyek pembangunan terhadap lingkungan setempat berdasarkan data yang ada.

Melalui kombinasi teknologi informasi dan kearifan lokal, Infrasavepro berusaha memberikan dukungan maksimal kepada para petani untuk meningkatkan hasil pertanian dan keberlanjutan agrikultural di berbagai wilayah. Selain itu, Infrasavepro juga memiliki beragam fitur lainnya yaitu shop local, komunitas diskusi, dan jalinan lokal.

Dengan tujuan memberikan akses yang mudah dan efisien, aplikasi “Infrasavepro” diharapkan dapat membantu masyarakat pertanian agar terhubung dengan teknologi panduan praktis dan inovatif dalam mengelola kegiatan pertanian mereka, bahkan di tengah kesibukan sehari-hari.

Inovasi Aplikasi untuk panduan praktis dan inovatif dalam mengelola pertanian yang dikembangkan oleh Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dibawah bimbingan dosen pengampu Abdul Rezha Efrat Najaf, S.Kom.,M.Kom. (dari program studi sistem informasi. (*)

Penulis adalah mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Universitas UPN “Veteran” Jawa Timur