Peran Teknologi Digital Dalam Mengenalkan Warisan Budaya kepada Generasi Muda

Ilustrasi

Oleh: Nazwa Aulia Rahmah

PADA era modern ini, banyak para generasi muda mulai melupakan warisan budaya daerahnya maupun negeri itu sendiri. Semua karena faktor negatif dari adanya teknologi yang berkembang pesat di negaranya.

“Penemuan dalam teknologi informasi menyebabkan perubahan budaya. Sekarang ramai masyarakat beralih ke tv digital, beli smart tv maupun memakai tv android. Perubahan di dalam jenis komunikasi akhirnya membentuk kehidupan manusia. Kita yang membuat alat komunikasi akhirnya itu yang mempengaruhi kehidupan kita dari dulu hingga saat ini,” ucap Muhammad Faisal, Kepala Diskominfo Kalimantan Timur saat mengisi acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 secara virtual, Kamis (5/8/2021) lalu.

Generasi muda lebih senang terhadap Warisan budaya luar, seperti mereka sudah menjadikan budaya luar sebagai patokan hidup mereka, mereka juga sudah berpenampilan layaknya seperti budaya yang ada di luar sana.

Para generasi muda saat ini juga sudah mulai membanggakan Warisan budaya luar dibanding Warisan budaya negeri sendiri, sebagai generasi muda pewaris budaya sudah menjadi kewajiban kita untuk terus melestarikan budaya kita agar tidak punah dan tidak tergantikan dengan budaya yang ada di luar.

Dengan adanya teknologi digital di Indonesia yang sangat lah berkembang pesat pada saat ini dan penggunaan nya atau pemanfaatan nya sangat lah semakin mudah, sebagai penerus bangsa negeri ini, mulailah sedikit demi sedikit kita melestarikan atau mengenalkan Warisan budaya kita kepada generasi muda lainnya yang belum mereka banyak mengenal dan mendalami tentang Warisan budaya negeri sendiri, hal ini menjadi tugas untuk kita agar terus melestarikan Warisan budaya negeri itu sendiri.

Tidak dengan itu saja tapi kita sebagai para pemuda kita bisa menggunakan teknologi yang sedang berkembang pesat pada saat ini. beberapa teknologi yang berkembang ialah : Teknologi komunikasi yang sering disandingkan dengan teknologi informasi, dengan adanya teknologi komunikasi tersebut, dapat memudahkan kita dalam mengenalkan Warisan budaya kepada generasi muda saat ini. Generasi muda sangat lah berpengaruh bagi pelestarian kebudayaan yang ada di Indonesia ini.

Agar kebudayaan kita tidak punah karena adanya budaya dari luar, maka dengan adanya teknologi ini, hal tersebut memiliki beberapa peran yang cukup besar dan berpengaruh dalam pengenalan Warisan budaya tersebut.

Melihat pesatnya perkembangan teknologi pada zaman atau era digital ini banyak sekali manfaat-manfaat atau pengaruh baik terhadap pengetahuan anak muda terhadap warisan budaya-budaya lokal, Dengan bertambah canggihnya teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh para pemuda pemudi tanah air untuk menggali pemahaman tentang budaya lokal seperti:

– Mencari tahu tentang peristiwa atau sejarah sebuah suku pedalaman yang telah lama punah. Dari kita mencari tahu peristiwa maupun sejarah yang pernah terjadi pada masa itu, kita bisa melihat kebudayaan yang berkembang pada masa itu apa saja, dan bagaimana mereka melestarikan kebudayaan tersebut.

– Kita bisa memanfaatkan sosial media yaitu seperti Youtube. Kita bisa membuat video yang di dalam video tersebut kita bisa mengenalkan Warisan budaya kepada generasi muda lewat video tersebut, karna generasi muda saat ini mereka pasti memiliki akses untuk menonton video tersebut.

– Kita juga bisa menggunakan platform Marketplace. Marketplace memiliki fungsi yang kita bisa manfaatkan untuk mengenalkan kebudayaan kita kepada masyarakat luar maupun kepada generasi muda pada saat ini,yaitu sebagai tempat untuk menjual barang-barang lokal.

– Kita juga bisa membuat promosi tentang pariwisata dan Warisan budaya.

Dengan promosi yang menarik dan dengan harga yang terjangkau pasti banyak anak muda yang tertarik dengan adanya promosi ini, kita bisa membuat pariwisata ini dengan menggabungkan sambil belajar memahami kebudayaan yang ada, seperti study tour untuk anak-anak SD sampai SMA bahkan jenjang mahasiswa pun bisa.

Maka dari itu peran teknologi sangat lah penting bagi masyarakat muda ataupun tua terkhususnya para muda-mudi dapat mengetahui warisan sejarah Indonesia di mana pun yang tidaknya diketahui oleh banyak orang, di mana pada saat ini kebanyakan masyarakat mementingkan Fashion ke barat-baratan atau lain-lain.

Nah dengan adanya teknologi ini yang memiliki peran yang mendalam atau besar dalam kehidupan manusia, kita bisa memanfaatkan atau menggunakan teknologi tersebut untuk mengenal akan Warisan budaya kepada generasi muda yang belum mengenal Warisan budaya lebih mendalam.

– Kita bisa menggunakan teknologi ini sebagai alat untuk pengenalan Warisan budaya kepada generasi muda, tapi kita juga bisa mengenalkan Warisan budaya kita melalui komunikasi langsung yaitu seperti beberapa contoh yang bisa kita lihat dari lingkungan sekitar terdekat kita, mulai dari kalangan anak-anak hingga ke orangtua. Seperti yang sering kita temukan dalam Hari-hari kita:

– ada sebagian orang tua yang sudah mengenalkan anaknya sebuah karya yang mengacu kepada adat istiadat setempat.
yang di betawi diperlihatkan dengan adu pantun yang menjadi iconik nya adat Betawi oleh sebagian masyarakat nya sebelum atau saat sedang mengadakan acara pernikahan, atau dari sebuah nyanyian nyanyian yang sering di putar dalam acara televisi anak setiap pagi. Ada juga di kalangan menengah yang sedari dulu.

– Diajarkan dan dikenalkan oleh pihak sekolah dengan sebuah karya negeri.
Berbentuk pakaian untuk dikenakan sehari hari, yaitu batik. Bahkan pemakaian baju ini pun sampai menjadi salah satu pakaian seragam. Ada juga yang menjadikan nya sebagai ajang perlombaan yang biasa kita temui dengan kompetisi fashion show batik untuk merayakan hari batik nasional sehingga ada beberapa siswa atau pihak tertentu yang merekam peristiwa tersebut ke berbagai macam penjuru mata bisa melihatnya.

Dan atau bahkan sekarang-sekarang ini, banyak sekali platform yang menyediakan fasilitas berjualan, entah itu dalam bentuk kuliner khas daerah sehingga orang yang berjarak jauh pun bisa merasakan makanan tersebut dan lain sebagainya. perlu kita ketahui juga bahwa generasi muda ini kurang dalam mengenal Warisan budaya Indonesia, nah dengan teknologi inilah kita dapat manfaatkan hal tersebut untuk mengenalkan Warisan budaya negeri kita.
Dengan berbagai macam aktivitas ini, secara perlahan masyarakat mulai menggunakan teknologi dalam mengenalkan penjuru dunia bahwa kekayaan warisan negeri ini sangatlah berlimpah dan sangatlah luas.

Sudah seharusnya sebagai pemuda penerus bangsa, sudah sepatutnya kita untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu kita dengan kita membantu mengenalkan budaya kita kepada generasi muda saat ini, kita bisa menggunakan teknologi sebagai alat untuk melestarikan budaya kita, mulai lah untuk bisa memanfaatkan teknologi sebaik baiknya, gunakanlah untuk kemajuan bangsa ini, mulai lah kembali dengan kita menggunakan warisan budaya yang sudah mulai di tinggal, kita pemuda Indonesia sudah menjadi peran kita dalam melestarikan dan mengenalkan budaya kita kepada generasi kita selanjutnya. (*)

Penulis adalah mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jurusan Pendidikan IPS