Ketua TP-PKK Kabupaten Toba Bina Kecamatan Silaen Kategori IVA

Ketua TP PKK Kabupaten Toba, Ny Rita Marlina Poltak Sitorus saat memberikan pemaparan soal infeksi visul asam asetat di Kecamatan Silaen, Jumat (14/4/2023)

BALIGE, KOMED – Ketua TP-PKK Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus bersama tim melakukan pembinaan kepada kaum ibu di Kecamatan Silaen tentang pentingnya (Inspeksi Visual Asam Asetat) IVA Test yaitu deteksi dini kanker serviks.

Acara pembinaan Kecamatan Silaen sebagai Binaan Kategori IVA digelar di Balai Pertemuan Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara,Jumat (14/4/2023).

Untuk diketahui, kanker serviks merupakan penyakit berbahaya. Untuk itu, diharapkan semua pihak terkait ambil bagian menjadi agen penyebarluasan informasi akan pentingnya IVA Test kepada masyarakat lainnya, khususnya para ibu rumah tangga usia subur.

Khusus untuk kegiatan Kecamatan Silaen sebagai Kecamatan Binaan PKK Kategori IVA, Rita Marlina berharap selain perlunya peran aktif kaum ibu, juga harus menjaga kesehatan dan memelihara kebersihan lingkungan.

Untuk TP PKK dan instansi terkait agar dibuat segala dokumentasi foto dan video kegiatan di desa, dan selanjutnya mempersiapkan laporan.
“Kita lakukan ini dengan semangat dan kerja keras, saling berkomunikasi. Harapan kita ada perubahan yang lebih untuk pembangunan daerah Silaen ini menjadi lebih maju,” katanya di hadapan para kader PKK se-Kecamatan Silaen.

Dalam kegiatan yang dihadiri sejumlah pelajar SMP dan SMA ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Toba melalui Mangapul Pardede juga menyosialisasikan bahaya Narkoba dan HIV/Aids. Selain itu diterangkan juga bagaimana hal pencegahan penyakit Demam Berdarah.

Turut memberikan pembinaan dari dinas terkait seperti PMD PPA,Ketahanan Pangan, Pertanian, Sosial dan Catpilduk.

Mewakili Dinas PMD PPA, Erlince Ompusunggu kembali mengingatkan perlunya dokumentasi kegiatan IVA Test untuk memperkaya bahan mengikuti lomba tingkat Provinsi Sumatera Utara. Harapannya Kecamatan Silaen sebagai kecamatan Bina IVA Test nanti mendapat 6 besar dalam penilaian.

Sebelum menutup acara, Camat Silaen, Moses Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada TP-PKK Kabupaten Toba dan OPD terkait yang hadir. Ia berharap target IVA Test di Kecamatan Silaen bisa tercapai atau meningkat dengan menyosialisasikan kembali ke tingkat desa.

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolsek Silaen, AKP Rudi H Tampubolon, Mewakil Danramil 14/Silaen, Yusrianto. (MS)

Penulis: Diskominfo Kab. Toba/Marjoku Sormin