Bupati Taput Hadiri Pelantikan Pengurus KONI Periode 2019- 2023

Bupati Taput, Nikson Nababan

SIPOHOLON, KOMED – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan hadiri acara pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tapanuli Utara periode 2019-2023 di Aula Hotel Hosea, Kecamatan Sipoholon, Selasa (28/6/2022).

Nikson Nababan didampingi Ketua KONI Sumut John Ismail Lubis, Kadispora Marco Panggabean, dan beberapa pimpinan OPD. Menurut Nikson, olahraga di Kabupaten Tapanuli Utara perlu sama-sama didukung agar prestasi yang diharapkan dapat tercapai dengan baik dan maksimal pada tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

“Banyak atlet kita yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Tapanuli Utara pada kegiatan multi event yang lalu. Seperti Pekan Olahraga Nasional yang diselenggarakan di Provinsi Papua. Dari 5 atlet Putra Daerah, Tapanuli Utara adalah kontingen yang membawa nama Provinsi Sumatera Utara berhasil meraih 2 medali. Saroha Lumban Tobing meraih medali emas dari cabang olahraga tinju dan Imanuel Prima Siahaan meraih medali perunggu,” ujar Nikson Nababan.

Dia juga menjelaskan bahwa hasil dari juara PON tersebut mengikuti kejuaraan Sea Games yang diadakan di Vietnam, dimana atlet tinju atas nama Saroha Lumbantobing masuk dalam daftar kontingen berhasil meraih medali perak.

“Melihat dari situasi dan perkembangan upaya untuk mencapai prestasi maksimal ini, kami berharap KONI Tapanuli Utara dapat lebih mengintensifkan segala kemampuan dan sumber daya yang ada agar Nama Tapanuli Utara yang dibawakan oleh para atlet-atlet cabang olahraga dapat bersaing dan menunjukkan kualitasnya dan tidak kalah dengan atlet-atlet dari daerah lain,” ujar Nikson Nababan.
Diakhir sambutannya, Bupati Nikson Nababan menegaskan agar KONI Tapanuli Utara juga perlu menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan cabang-cabang olahraga yang ada di kabupaten Tapanuli Utara, secara khusus cabang olahraga unggulan yang sudah ditentukan, untuk menyusun program kegiatan dan pembinaan pelatihan yang terstruktur dengan baik untuk mencapai prestasi yang maksimal pada kegiatan PON 2024 yang akan dilaksanakan di Provinsi Aceh dan Sumut.

“Kami ucapakan selamat kepada pengurus KONI Kabupaten Tapanuli Utara periode masa bhakti 2019 – 2023, Jayalah olahraga, jayalah Tapanuli Utara. Salam Olahraga,” ucap Bupati mengakhiri sambutannya.

Ketua KONI Taput terpilih Robinhot Sianturi bersama 70 orang Pengurus lainnya dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Ketua KONI Sumut John Ismail Lubis sekaligus memberikan Petaka kepada pengurus KONI Taput yang telah terpilih.

“Dari dulu amunisi atlit Sumatera Utara banyak yang berasal dari Tapanuli Utara khususnya cabang ilmu bela diri, kalau kita lihat sekarang ada Saroha Lumbangtobing yang sudah meraih Medali Emas di PON XX di Papua. Saat ini kami persiapan PON 2024 dan kita sudah ada lebih kurang 475 atlit dan 16 orang diantaranya berasal dari Tapanuli Utara dan 16 atlit ini sebenarnya kelasnya sudah Emas semua,” ucap Ketua KONI Sumut John Ismail Lubis.

“Kerjasama yang ada selama ini berkat dukungan Bupati Tapanuli Utara dan Forkopimda Tapanuli Utara, saya yakin ke depannya Tapanuli Utara dapat membantu Provinsi Sumatera Utara. Mari kita sama-sama bekerja mensukseskan PON 2024 di tanah Sumatera Utara supaya kita bisa meraih prestasi,” tutur John Ismail Lubis.

Pada kesempatan tersebut, Robin Sianturi mengharapkan dukungan seluruh pengurus untuk bekerjasama dalam memajukan olahraga di Tapanuli Utara.

“Kabupaten Tapanuli Utara telah mencetak banyak prestasi antara lain dari cabang tinju, karate dan wushu. Dalam meningkatkan prestasi olahraga, disamping harus didasari prestasi dari atlet harus didorong juga oleh pengurus cabang dan Pemerintah. Saat ini kami melihat dan merasakan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Drs. Nikson Nababan, M. Si yang telah memberikan support yang begitu berguna baik materil maupun moril. Sepanjang kepengurusan kami dukungan dan motivasi penuh dari Bapak Bupati yang kita banggakan dapat kami rasakan, serta memberikan pembinaan kepada atlit berprestasi yang ada di Tapanuli Utara,” ucap Ketua KONI terpilih Robinhot Sianturi.

“Saya sangat mengharapkan segenap pengurus KONI Tapanuli Utara bersama pengurus cabang dapat bersinergi dan saling mengisi untuk menjadikan KONI yang lebih baik dan berprestasi”, tutup Robinhot Sianturi. (Tim)

Penulis: Diskominfo Kab. Taput/Timur Siregar