Bupati Taput Tandatangani Kerjasama Bidang Transportasi Darat dengan STTD Bekasi

Bupati Taput, Nikson Nababan usai menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Ahmad Yani, Direktur STTD Bekasi, Selasa (19/10/2021)

BEKASI, KOMED – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menandatangani kesepakatan kerjasama di bidang transportasi darat dengan Ahmad Yani selaku Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD Bekasi, Selasa (19/10/2021).

Penandatanganan nota kesepakatan (kerjasama) ini merupakan wujud nyata sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor: 28/2018 tentang kerjasama daerah.

“Ini merupakan wujud dari ikhtiar kita untuk membentuk insan perhubungan yang kompeten dan berkualitas di bidang transportasi darat, sesuai visi Kabupaten Tapanuli Utara Sebagai Lumbung SDM yang Berkualitas,” kata Nikson Nababan.

Dia berharap kerjasama ini dapat meningkatkan daya saing dan memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan di Kabupaten Tapanuli. Selain itu, juga diharapkan dapat mencerdaskan putra – putri daerah Kabupaten Taput nantinya.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih, karena pihak Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD berkenan bersinergi dengan Pemkab Taput dalam bidang transportasi darat yang pelaksanaannya melalui Program Pola Pembibitan (Polbit),” kata Nikson.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, mulai tahun ini Pejabat Dinas Perhubungan Kabupaten Taput beserta stafnya secara bergiliran akan ditugaskan ke STTD mengikuti Bimtek untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi SDM di bidang transportasi darat.

Sebelumnya, Direktur STTD Bekasi, Ahmad Yani menyambut kedatangan Bupati Taput Nikson Nababan bersama jajaran yang berkenan hadir di kampus STTD Bekasi.

Ahmad Yani menjelaskan, program pola pembibitan di lingkungan Kementerian Perhubungan, khususnya di PTDI-SSTD sudah dirintis sejak tahun 2014.

Program ini, kata dia, memberikan kesempatan bagi putra putri daerah bergabung di perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perhubungan, melalui kerjasama antara Pemda dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD.

“Sampai dengan saat ini 234 Pemda telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PTDI-SSTD. Salah satunya adalah Pemda Kabupaten Tapanuli Utara yang akan menjalin kerjasama pertama kali di tahun ini,” ujar Ahmad Yani.

Dia mengatakan, melalui program pola pembibitan diharapkan pembangunan SDM khususnya bidang transportasi di Kabupaten Taput dapat tercapai dengan SDM yang memiliki pengetahuan memadai, ketrampilan mumpuni, kompetensi handal serta perilaku terpuji.

“Kita berharap melalui SDM yang unggul maka pembangunan di Kabupaten Taput, khususnya pada bidang transportasi dapat terwujud dan membawa manfaat yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Selain program pola pembibitan, kerjasama ini juga meliputi Studi Bidang Transportasi yang dananya bersumber dari APBD, penelitian dosen, pelaksana Diklat, sampai pelaksana PKL para Taruna/i PTDI-STTD.

“Kami berharap sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas SDM Transportasi, dapat berjalan lebih baik melalui program pola pembibitan ini,” tutup Ahmad Yani. (Tim).

Penulis: Diskominfo Kab. Taput/Timur Siregar