Poltak Sitorus Harapkan Kegiatan Penas Padang Dapat Menyerap Ide dan Teknologi untuk Diaplikasikan di Toba

PADANG, MEDIASI.COM – Bupati Toba, Poltak Sitorus harapkan kegiatan Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XVI Tahun 2023 yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, dapat menyerap ide dan teknologi untuk diaplikasikan di Kabupaten Toba.

Harapan itu disampaikan saat acara pembukaan kegiatan Penas yang dilakukan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (10/6/2023). Kegiatan Penas kali ini diawali dengan tarian kolosal.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan kegiatan para petani dan nelayan. Seperti pameran pembangunan pertanian, Expo Aquaculture, Expo Agroforestry, Expo Peternakan, Temu Teknologi, Temu Agribisnis, dan beberapa kegiatan lainnya. 

Penas XVI yang dihadiri sekitar 53.000 peserta dari seluruh Indonesia, juga dihadiri para kepala daerah serta pejabat lainnya dari masing-masing provinsi dan kabupaten/kota.  

Pada kesempatan ini sebagaimana info yang dikirim kepada wartawan, Kabupaten Toba sendiri mengirimkan sebanyak 47 orang yang terdiri dari peserta, peninjau, dan pendamping. Para peserta Penas tersebut nantinya akan mengikuti berbagai kegiatan selama enam hari, terhitung sejak 10 s/d 15 Juni 2023 mendatang.

Bupati Toba, Poltak Sitorus usai menghadiri acara pembukaan, mengatakan dirinya sangat mengapresiasi terselenggaranya acara Penas yang menjadi ajang silaturahmi bagi puluhan ribu petani dan nelayan di seluruh Indonesia.

Bupati Toba, Poltak Sitorus saat menghadiri kegiatan Penas Petani dan Nelayan di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023)

Poltak Sitorus juga berharap Penas Petani Nelayan ini akan membuka wawasan dan pengetahuan peserta. Kepada peserta dan OPD yang turut hadir, Bupati berpesan agar manfaatkan momen tersebut sebaik mungkin untuk memperluas jaringan silaturahmi dan menambah pengetahuan.

“Mudah-mudahan kehadiran kita bersama rombongan dapat menyerap ide dan teknologi, sehingga bisa diaplikasikan pada pertanian di Toba,” ujarnya.

Turut hadir bersama Bupati, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Jhonni DP Lubis, Staf Ahli Bupati Darwin Sianipar, Kadis Pertanian TH Sitorus, Kadis Ketahanan Pangan Sahat Simanullang, Kadis Koperindag Salomo Simanjuntak, Kadis Sosial Lalo H Simanjuntak, Kabag Umum Samuel Lumbanraja, Kabag Perekonomian SDA Jepri Maradona, dan Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan. (MS).

Penulis: Diskominfo Kab.Toba/Marjoku Sormin