Bupati Taput Temui Menpora Soal Pembangunan Sarana Olahraga

Bupati Taput, Nikson Nababan saat menyerahkan proposal kepada Menpora Zainudin Amali, Jumat (22/10/2021)

JAKARTA, KOMED – Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Jakarta untuk mengajukan proposal percepatan pembangunan sarana prasarana olahraga di Tapanuli Utara, Jumat (22/10/2021).

Saat menemui Menpora, Nikson Nababan didampingi Sekretaris Daerah Taput, Indra Simare-mare. Kepada Menpora, disampaikan proposal revitalisasi lapangan pacuan kuda, dan pembangunan gedung olahraga (GOR) tipe B.

Kemudian, proposal pembangunan stadion sepakbola pada sport center dan bermohon pertimbangan, supaya Tapanuli Utara juga menjadi bagian dari venue PON XXI 2024 karena didukung lokasi yang strategis dan dekat dengan Bandara Internasional Silangit.

‚ÄúPagi ini saya sangat bersyukur dan bangga diterima Bapak Mentri untuk audiensi terkait olahraga khususnya di Tapanuli Utara. Proposal sudah kami sampaikan kepada Pak Menteri. Ada cabang olahraga pacuan kuda, golf dan sport center,” ujar Nikson.

Dia mengaku bersyukur karena Menpora menyambut baik kunjungannya mewakili masyarakat Tapanuli Utara. Dia juga berharap usulan yang disampaikan bisa ditindaklanjuti dan cepat terealisasi.

“Kami juga berharap agar pada PON XXI tahun 2024 nantinya Tapanuli Utara turut berperan menjadi lokasi pelaksanaan cabang olahraga berkuda, karena kita memiliki lokasi yang strategis. Kita berdoa agar pandemi segera berlalu, sehingga program-program kedepannya bisa terealisasi,” kata Nikson.

Menpora Zainudin Amali juga menyambut baik kunjungan Bupati Nikson Nababan bersama Sekda Taput Indra Simare-mare. Dia juga menyatakan siap mendukung usulan yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput.

“Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan telah menyampaikan proposal, termasuk juga tentang persiapan Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024. Meskipun pelaksanaannya dua tahun lagi, tapi kalau tidak dipersiapkan infrastrukturnya dari sekarang, tentu akan tertinggal,” kata Zainudin Amali.

Menurut dia, Tapanuli Utara sudah sangat terkenal dengan pacuan kudanya, sehingga layak menjadi ruan rumah pelaksanaan cabang olahraga berkuda.

“Saya sudah pernah meninjau langsung dan sudah saya lihat luas lapangannya sesuai standard. Hanya perlu diupgrade sedikit lagi. Selain itu, Tapanuli Utara memungkinkan sekali menjadi tempat untuk cabang olahraga Paralayang dan Terjun Payung,” ujar Zainudin Amali.

Dia juga berjanji akan mensupport pembangunan infrastruktur olahraga di Tapanuli Utara. Walau bukan Kemenpora yang membangun, tapi masukan dari Bupati Taput Nikson Nababan akan direkomendasikan kepada Kementerian terkait. (gar)

Sumber berita: Diskominfo Pemkab Taput